Rabu, 17 Agustus 2011

Meriahkan Kemerdekaan dengan 17 Sumber Ide Menulis


.
13135731691143123546
SEORANG teman pernah berkata, ide menulis itu ada di sekitar dan tinggal dipetik. Sayang, banyak teman-teman penulis yang merasa sulit mengidentifikasi apa yang bakal dipetik. Banyak blogger yang mengeluh kehabisan ide menulis.
Masih terkait dengan peringatan 17 Agustus, berikut 17 sumber ide untuk menulis, terutama di blog. Semua kiat ini sudah pernah dipraktekkan di sejumlah blog.
1. Tulisan teman
Tulisan teman sesama blogger bisa dijadikan ide tulisan. Terutama jika tulisannya menarik. Misalnya Anda menemukan sesuatu yang unik di tulisannya. Atau bisa saja Anda mempunyai pendapat yang berbeda. Tuliskan tanggapan atau pendapat Anda tentang tulisan itu. Saya banyak membuat tulisan yang terinspirasi dari tulisan blogger lain. Yang terbaru adalah ‘Menulis dengan jujur: Pelajaran dari Mbak Linda’.
2. Komentar teman
Selain tulisan, komentar sesama blogger juga bisa dijadikan ide tulisan. Misalkan Anda menemukan komentar yang unik, yang lucu, atau mungkin yang berbeda dengan yang Anda yakini. Anda bisa memperluas komentar si teman dengan menjadikannya sebuah tulisan. Saya juga termasuk sering membuat tulisan yang idenya muncul ketika membaca komentar teman. Antara lain Creative Blogging, Ocehan Burung dan Relativitas
3. Film/sinetron televisi
Anda gemar menyaksikan sinetron atau serial film di televisi? Apa yang Anda saksikan bisa dijadikan ide posting. Tentu saja Anda tak perlu membahas jalan cerita secara detil. Sebaiknya Anda mengambil sisi tertentu yang bisa menambah wawasan pembaca. Tulisan ‘Nazaruddin tertangkap karena gak pernah nonton NCIS’, contohnya. Di blog lain, saya pernah menulis ‘Bagaimana Mengetahui Cinta Sejati?‘ yang terinspirasi sebuah episode serial Castle.
4. Berita aktual
Ini kiat yang paling sering dipraktekkan, yakni membuat tulisan terkait berita aktual. Sebagai contoh, saat ini setiap harinya mungkin ada belasan atau puluhan tulisan yang terkait dengan Nazaruddin. Supaya tulisan dilirik, sebaiknya Anda mengambil pendekatan atau sudut pandang yang berbeda. Kelemahan dengan menulis tulisan aktual adalah, dalam beberapa bulan ke depan apa yang ditulis pasti sudah basi dan tak lagi menarik.
5. Mimpi
Semua orang pasti pernah bermimpi, sekalipun biasanya seseorang tak bisa mengingat dengan persis apa yang diimpikan. Namun jika Anda pernah bermimpi dan mimpi itu meninggalkan kesan yang kuat, tuliskan mimpi itu. Bisa juga Anda coba-coba menjadi penafsir mimpi. Tentu tulisan semacam ini harus dibuat dengan ringan dan jangan terlalu serius.
6. Khayalan
Jika Anda suka berkhayal, tuliskan khayalan itu. Bisa dalam bentuk narasi, yakni berandai-andai menjadi sesuatu. Sebaiknya imajinasi itu anda sisipkan hal yang positif. Misalkan Anda punya masukan untuk admin kompasiana dan merasa bingung bagaimana menyampaikan (dan juga untuk memastikan si admin membaca tulisan yang dibuat), Anda bisa menulis misalnya: Seandainya saya admin kompasiana. Untuk skala politik, Anda bisa menulis ‘Sendainya Saya Presiden RI’.
Anda juga bisa mengkhayalkan sebuah cerita dan menuangkannya menjadi tulisan. Jika kisahnya pendek, biasanya menjadi (apa yang disebut dengan) cerita pendek alias cerpen. Jika kisahnya panjang dan berbelit, mungkin bisa menjadi novel.
Bersama teman blogger saya pernah dan sementara ‘berkhayal’ dan menuangkannya dalam blog khusus. Yang pertama khayalan tentang situasi di Majapahit dalam kisah silat berjudul ‘Darah di Wilwatikta’ (kisah yang lebih lengkap—walau belum tamat–ada di blog padepokanrumahkayu. Saya dan beberapa teman juga menuangkan khayalan tentang spionase dan terorisme dalam kisah Operasi Garuda Hitam. Awalnya kisah itu dimaksudkan sebagai paduan dari James Bond dan Da Vinci Code. Belakangan agak bergeser menjadi kombinasi NCIS dan 24, hehehe
7. Twitter
Anda suka berkicau di Twitter? Anda bisa membuat banyak tulisan dengan mengambil ide dari Twitter. Anda bisa membahas kata bijak yang ditulis teman, merangkum kicauan Anda dalam sepekan, membahas lima topik yang menjadi trend dalam sebulan, atau yang semacam itu.
8. Facebook
Sama halnya dengan Twitter, Anda juga bisa membuat banyak tulisan dari Facebook. Bahas status teman yang menartik, bahas komentar teman yang menanggapi status Anda, dan sebagainya.
9. Simak percakapan
Percakapan yang terjadi di sekitar, baik yang melibatkan Anda maupun tidak, bisa dijadikan ide posting. Sebagai contoh, saya pernah membuat tulisan berjudul ‘Kanker Prostat dan Bajingan Masa Lalu’ yang terinsiprasi dari percakapan ringan (dan singkat) dengan seorang pemilik toko bangunan
10. Olahraga
Jika menyukai jenis olahraga tertentu, Anda bisa membuat banyak tulisan dengan mengacu ke jenis olahrga itu. Sepakbola misalnya. Tulisan semacam ini dibaca banyak orang karena banyak penggemar bola yang juga suka membaca ulasan mengenai sepak bola. Di kompasiana banyak tulisan menarik terkait sepak bola, seperti yang biasa dibuat rekan Trihito yang beberapa di antaranya menjadi HL
11. Musik
Musik juga merupakan sumber ide yang tak bakal habis. Banyak hal yang bisa dibahas mulai dari penyanyi, genre musik tertentu, review lagu dan sebagainya.
12. Bahas foto unik
Anda punya foto unik? Atau menemukan foto yang menarik? Anda bisa menuangkannya menjadi tulisan. Jika fotonya kuat, Anda hanya perlu menambahkan beberapa kalimat sebagai pengantar dan membiarkan foto itu yang berbicara.
13. Review produk yang digunakan
Anda hampir dipastikan punya ponsel. Mungkin juga punya laptop atau PC. Ceritakan pengalaman Anda menggunakan gadget itu. Jika punya lebih dari satu ponsel, komparasikan dengan membahas kelebihan dan kekurangan. Begitu juga jika Anda punya nomor HP lebih dari satu. Anda bisa mereview sebagus apa provider yang digunakan. Karena berdasar pengalaman pribadi, tulisan Anda bisa menjadi cerminan pembaca yang menggunakan produk sejenis.
14. Bahas tokoh
Anda juga bisa membahas tokoh tertentu, menurut sudut pandang Anda. Bisa tokoh terkait politik, artis, atau pejabat. Bisa juga sesama blogger. Di kompasiana, misalnya, saya melihat cukup banyak yang membahas kompasianer yang ‘dibenci namun ditunggu’ yakni EA.
15. Ceritakan pengalaman
Anda punya pengalaman unik, memalukan, menggelisahkan atau membahagiakan? Ceritakan pengalaman itu dalam tulisan. Sebagai contoh, beberapa saat setelah mengetahui kalau saya menjadi pemenang Blogshoptips edisi Juni, berita gembira itu langsung dipublikasikan di blog, hehehe
16. Berbagi kiat
Anda punya tip atau kiat tertentu menyangkut bidang yang ditekuni? Bagikan kiat itu. Misalkan Anda punya pengalaman dalam menarik hati lawan jenis, Anda bisa menuangkan dalam tulisan misalnya berjudul ‘7 Cara Mendapatkan 7 Cewek dalam 7 Hari’. Tulisan yang Anda baca saat ini merupakan contoh paling aktual tentang berbagi kiat ;)
17. Membaca tulisan sukangeblog
Poin ke-17 ini tak perlu dibahas lebih lanjut. Intinya, Anda akan mendapatkan banyak ide menulis jika rutin membaca tulisan sukangeblog, hehehehehehehehe
Salam,

*gambar diambil dari technologymarketers*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar