Sabtu, 13 Agustus 2011

7 Tips Mengatasi Rasa Malas Menulis



1) Apa tujuan kamu menulis? Gak ada tujuan asli bikin malas. Coba deh ada request sama si "dia" untuk dibikinin puisi romantis dijamin bakal begadang semalaman karena besok pagi harus dihadiahkan buat specialone itu, hehe...

2) Kering amunisi ide, no idea ke laut aje... padahal kamu masih bisa nulis tanpa ide awal sekalipun, coba buktikan sendiri kalo gak percaya. Anggap sekarang ini kepala kamu lagi zero ide, terus comot dua kata sembarang aja yang kamu ingat misalnya "bakwan" dan "remot". Kalo dua kata ini dirangkai dijamin bakal jadi cerita seru.

3) Kesiapan mental untuk menulis, nah loh kalo emang gak ada niatan mau nulis mau dipaksa kaya apapun gak bakal betelor deh. Emang emak ayam kaleee... kenyataan masih bisa kok, siap gak siap itu sebenarnya cuma kebiasaan mental aja, apakah itu mental tahan banting atau mental kerupuk udang yang kena kua dikit aja langsung menciut. Jika mental menulismu sudah terasah dan teruji, yang namanya malas menulis itu jadi barang yang sangat menggelikan.

4) Bayangkan kenikmatan yang akan kamu dapatkan ketika telah menyelesaikan sebuah tulisan. Jika kenikmatannya lebih gede, misalnya bakal dapat duit 10 juta, bisa dapat laptop keren, BB paling beken, atau bakal dipuji habis-habisan sama si "dia" siapa sih yang gak pengen menandaskan menulis 6 halaman cerpen ini.

5) Jadilah sebagai penulis yang berkomitmen besar. Orang yang berkomitmen akan selalu antusias menjalankan amanah dan pekerjaannya. Dan, yakinlah bahwa menulis itu adalah paduan antara kerja keras, komitmen dan kesabaran.

(*Selamat mencoba, dan tulisan ini juga dimaksudkan untuk menampar diriku yang ternyata juga sering terjangkiti penyakit malas menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar